Pembangunan

2 Tipe Pembuatan Besi Wiremesh yang Wajib DIketahui

Saat ini jual wiremesh hampir dapat dijumpai di mana-mana karena merupakan salah satu produk besi baja yang sederhana dan telah hadir dalam waktu yang lama. Material ini hadir dengan sifat baja yang kuat dan ulet sehingga membuatnya memiliki fleksibilitas dan kekuatan tarik yang tinggi.

Besi wiremesh terbuat dari baja batangan atau kawat baja. Material ini berupa lembaran baja, terdiri dari kolom dan baris yang saling berpotongan, biasanya digunakan untuk proyek konstruksi dan infrastruktur.

Saat ini jual wiremesh Surabaya hadir dengan ukuran dan bentuk yang tidak terbatas dengan berbagai bahan dan kombinasi logam. Walaupun sekilas semua wiremesh terlihat sama dengan expanded metal, plat lubang, dan kawat loket, namun ketiganya bukan termasuk wiremesh.

Metode Pembuatan Wiremesh

Proses pembuatan wiremesh dilakukan dengan 2 metode yaitu welded wiremesh dan woven wiremesh. Metode tersebut dapat menghasilkan wiremesh dengan spesifikasi dan fungsi yang berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan tentang proses anyam dan las untuk membuat wiremesh.

Jual wiremesh murah welded maupun woven sama-sama terbuat dari logam batang atau kawat besi yang dapat diatur ukuran diameternya. Tahap pertama pembuatan wiremesh adalah memanaskan logam sampai titik lelehnya.

Setelah itu logam batangan atau kawat akan diekstrusi melalui cetakan sehingga terbentuk kawat atau logam batang dengan dengan diameter yang lebih kecil dan tipis sesuai kebutuhan.

Logam batangan yang telah dibuat sesuai dengan diameter yang diinginkan ini akan dijalankan melewati mesin pelurus kemudian dipotong sesuai panjang yang dikehendaki dan diproses sebelum jual wiremesh tersebut.

Wiremesh Anyam

Woven wiremesh atau besi wiremesh anyam dibuat dengan cara ditenun atau dianyam. Kawat logam tersebut pertama-tama akan disejajarkan secara vertical dan horizontal sampai membentuk sudut 90 derajat satu sama lain.

Proses ini sangat mirip dengan penenunan kain dengan pola atas bawah sampai membentuk lembaran. Kawat tersebut juga dapat diatur dengan pola anyaman sesuai keinginan. Jenis anyaman tersebut akan berpengaruh terhadap fleksibilitas, kualitas, dan daya tarik fisik.

Proses anyam dilakukan dengan bantuan mesin otomatis sehingga dapat menghasilkan anyaman yang efisien dan konsisten. Beberapa contoh besi wiremesh tipe anyaman yang umum adalah twill weave, plain weave, dutch weave, twill dutch, plain dutch, reverse dutch, dan multiplex

Wiremesh Las

Pada welded wiremesh atau wiremesh las, kawat atau batang logam yang digunakan memiliki diameter yang lebih besar. Batang logam akan dipotong sesuai dengan lebar dan panjang wiremesh yang ingin dibuat. Selanjutnya setiap kawat atau batang logam diletakkan sejajar secara horizontal dan vertical.

Titik persimpangan batang horizontal dan vertical berupa sudut 90 derajat akan dilas bersama dengan mesin las. Electrical resistance adalah teknik pengelasan yang sering digunakan untuk membuat welded wiremesh. Hambatan listrik tersebut dapat menimbulkan panas yang memadai untuk menempelkan batang logam.

Demikian sedikit informasi mengenai cara pembuatan besi wiremesh. Baik wiremesh anyam maupun las tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang perlu dipertimbangka ketika hendak membelinya dari toko yang jual wiremesh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *