nasi kotak jakarta
Entrepreneurship

Ingin Nasi Box Enak Tidak Cepat Basi? Begini Cara Mengatasinya!

Sesuai namanya, nasi merupakan komponen utama dalam nasi box enak yang harus Anda perhatikan. Salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia ini memang tidak sulit didapatkan. Siapa saja bisa membelinya di pasar atau supermarket. Jenis dan harganya yang bervariasi pun memudahkan katering memilih jenis nasi terbaik untuk nasi kotak Jakarta.

Dari segi pengolahan, nasi bukan termasuk makanan yang menyulitkan. Namun, beberapa faktor seperti penyajian dan tempat malah akan membuatnya rusak bahkan basi. Oleh karena itu, untuk menghindari penurunan kualitas pada nasi kotak, perhatikan tip berikut ini!

  1. Memakai kotak kedap udara

Jenis kemasan yang dimanfaatkan untuk nasi boks sudah semakin beragam, termasuk yang sudah dirancang kedap udara. Mengapa Anda harus memakai tipe kemasan ini? Pasalnya, uap dari nasi yang masih panas akan membuat kotak lebih lembap. Selain itu, kalau uap juga akan merusak cita rasa makanan lain yang dimasukkan ke dalam kotak. Kemasan kedap udara untuk nasi boks biasanya dilapisi kertas khusus yang akan melindungi makanan dari uap berlebih. Harganya juga relatif terjangkau, sehingga tidak akan menaikkan tarif nasi kotak.

  1. Pisahkan nasi dengan lauk pauk

Memasukkan nasi langsung bersama lauk pauk (daging, sayur, dan lain sebagainya) ke dalam nasi box enak memang terkesan praktis. Akan tetapi, kebiasaan tersebut malah akan membuat satu jenis makanan dengan makanan lain tercampur. Apalagi kalau daging atau sayur yang dimasak memakai santan dan kuah yang mudah meresap ke dalam nasi. Sebagai tindak pencegahan, pisahkan nasi dengan lauk pauk memakai bungkus atau plastik reusable. Walaupun agak merepotkan, langkah ini akan mengurangi risiko nasi berantakan atau bahkan basi saat diterima klien.

  1. Jangan tutup kotak saat nasi panas

Langsung menutup kotak saat nasi masih mengepul juga kurang direkomendasikan. Alasannya masih berkaitan dengan uap air. Nasi yang baru matang berpotensi menghasilkan uap air lebih banyak. Jadi, kalau boks ditutup dalam kondisi seperti itu, peluang nasi cepat basi juga bakal lebih besar. Akan lebih baik kalau Anda membiarkan nasi hangat atau dingin terlebih dahulu sebelum menutupnya. Sambil menunggu, siapkan makanan-makanan lain yang akan dimasukkan ke dalam kotak. Kualitas nasi tadi dijamin tidak akan berkurang karena jumlah uap air yang muncul jauh lebih sedikit.

Tidak terlalu sulit, bukan, mengatur kualitas nasi supaya tetap lezat di tangan konsumen? Pastikan juga porsi nasi yang diatur untuk setiap kotak sudah tepat. Semoga dengan informasi ini, Anda bisa menjaga mutu nasi maupun menemukan nasi kotak yang terpercaya dari katering andal. Dengan begitu konsumen tidak akan kecewa saat menerima nasi box enak yang telah disiapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *