Atap bondek dapat didefinisikan sebagai jenis baja ringan yang dilapisi galvanis
Bahan Bangunan

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Atap Bondek

Atap bondek dapat didefinisikan sebagai jenis baja ringan yang dilapisi galvanis, digunakan sebagai pengganti papan pada saat proses pengecoran. Karena strukturnya yang lebih kuat, bondek lebih sering digunakan. Terlebih lagi, material ini juga berfungsi untuk memperkuat struktur pengecoran, sehingga tidak perlu untuk dicopot lagi ketika proses sudah berakhir. Ada beberapa kelebihan penggunaan bondek yang tidak dimiliki material lain. Meskipun begitu, terdapat pula beberapa kekurangan yang perlu Anda diketahui. Apakah kelebihan dan kekurangan dari bondek? Berikut ini penjelasannya.

Kelebihan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bondek cenderung efektif digunakan karena untuk seterusnya, material ini adalah bagian dari pengecoran. Anda tidak perlu melepasnya seperti halnya Anda melepas lapisan papan triplek konvensional. Tentunya, hal ini membuat proses pengerjaan menjadi lebih efisien baik dalam hal waktu maupun dana.

Selain itu, dengan menggunakan bondek, Anda tidak perlu menggunakan besi tulangan yang dipasang di bagian bawah. Hasil akhir dari plat lantai yang dibangung cenderung lebih rapi dan lebih kokoh pula. Bandingkan dengan metode bekisting konvensional yang memiliki resiko beton keropos lebih besar.

Material atap bondek juga terbukti lebih tahan api. Ketika terjadi kebakaran, material ini bisa bertahan dalam kurun waktu 2 jam dibandingkan dengan sistem pengecoran tanpa bondek. Namun, hal ini dengan catatan apabila bondek dipasang dengan stabilitas dan integritas yang baik. 

Plat atap bondek diproduksi dari bahan-bahan metal yang anti karat. Hal ini menjadikan material bondek cenderung tahan lama. Tentunya, ada kelebihan lain apabila dibandingkan dengan sistem pengecoran biasa. Misalnya saja, bondek yang terbuat dari metal pastinya anti pengeroposan dan pelapukan disebabkan oleh temperatur, cuaca, dan hewan.

Kekurangan

Namun, dibalik berbagai kelebihan yang dimilikinya, bondek juga memiliki beberapa kekurangan. Material ini hanya cocok di bagian tengah bangunan. Jadi, Anda tidak bisa menerapkannya di bagian tepi rumah atau gedung. Selain itu, harga bondek juga sangat terpengaruh oleh harga metal khususnya baja, pada umumnya. Jadi, jangan kaget jika sewaktu-waktu, Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli atap bondek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *