kitchen set
Kitchen Set

Kesalahan Memasak dan Penggunaan Commercial Cooking Equipment yang Perlu Dihindari

Bagi sebagian besar orang yang telah terbiasa menggunakan peralatan dapur profesional atau yang sering dikenal dengan commercial cooking equipment, tentu sudah tidak asing lagi dengan cara memasak dan merawat peralatan yang mereka miliki. Namun mungkin hal ini akan berbeda untuk mereka yang baru akan terjun ke dalam dunia kuliner. Baik itu sebagai juru masak ataupun asisten dapur.

Mengetahui dasar memasak dan dasar perawatan commercial cooking equipment menjadi hal yang wajib diketahui bagi setiap staff dapur. Hal ini bertujuan agar makanan yang disajikan tidak terkontaminasi bau-bau yang tidak diinginkan.

Hal yang paling utama untuk diketahui setiap staff dapur adalah dengan tidak memanaskan wajan dengan api yang besar. Menggunakan api besar untuk memanaskan sebuah wajan adalah sebuah kesalahan yang paling sering dilakukan staff dapur pemula. Karena sebagian besar dari mereka masih berpikir bahwa dengan memanaskan wajan dengan api besar akan mempercepat proses pemanasan pada wajan. Selain akan cepat merusak peralatan dapur yang kita miliki, memanaskan wajan dengan api besar juga akan merusak bahan, penampilan, hingga rasa sebuah makanan yang kita persiapkan.

Selain kesalahan yang disebabkan karena memanaskan wajan dengan api besar, kesalahan yang tak kalah sering dilakukan staff dapur adalah dengan menuangkan cairan pencuci ke peralatan masak. Dengan menuangkan cairan pencuci pada peralatan masak, selain lebih boros, hal ini juga dinilai tidak efektif dan dapat meninggalkan zat kimia yang akan menempel pada peralatan masak. Zat kimia yang menempel pada peralatan masak ini nantinya akan meninggalkan aroma atau bahkan rasa yang tidak diinginkan dan akan merusak rasa dari makanan yang kita sajikan.

Terlalu sering membolak-balik masakan menjadi kesalahan yang tak kalah sering dilakukan. Dengan membolak-balik masakan yang sedang digoreng atau dipanggang, tidak membuat sebuah masakan menjadi lebih cepat matang. Justru sebaliknya, membolak-balik makanan akan memperlambat proses kematangan sebuah masakan. Hal yang paling merugikan lagi adalah dengan cara ini, rasa dan tekstur masakan tidak akan maksimal dan kematangan masakan juga tidak akan rata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *