cetak offset
Percetakan

Keunggulan Sistem Cetak Offset

Pada kali ini kita akan membahas mengenai keunggulan sistem cetak offset, sebagai berikut.

Pengertian Cetak Offset

Cetak offset adalah salah satu dari cara atau sistem cetak yang umum dipakai dalam dunia percetakan selain dengan cara atau sistem cetak secara digital atau secara sablon. Hal mendasar pada sistem atau cara cetak secara offset ini ialah karena menggunakan pelat atau piringan atau film atau plate cetak terlebih dahulu sebagai media pre cetaknya  kemudian baru benar-benar dicetak pada media akhirnya  yang dapat berupa kertas atau plastik. Satu plat atau film cetak yang biasanya terbuat dari alumunium tersebut dibuat untuk satu bidang lembar dokumen, dan per satu warna dan jenis tinta. Semakin banyak jumlah bidang lembar jenis desain dokumen dan warna yang akan dipergunakan, maka biaya atau harganya akan makin besar. Selain itu harga atau biaya cetak offset juga ditentukan oleh jenis media akhir cetaknya, yakni jenis plastik atau kertasnya, lalu paduan warna, juga ukuran media akhir cetaknya, yakni ukuran plastik atau kertasnya serta juga kualitas warnanya yang tergantung pada jenis tinta yang akan dipergunakan untuk mencetak. Namun demikian sistem cetak offset ini memiliki keunggulan tertentu jika dibandingkan dengan sistem cetak yang lainnya, sebagai berikut.

Dapat Menggunakan Tinta Yang Lebih Beragam

Jika melakukan proses pencetakan dengan sistem offset ini maka tinta yang akan dipergunakan bisa lebih beragam dan memiliki lebih banyak pilihan, yakni bisa  menggunakan tinta berjenis gold atau emas dengan hasil cetak keemasan, ataupun tinta warna perak atau silver ataupun cetak warna stabilo, maupun dicetak dengan warna gradiasi abu-abu atau yang sering disebut sebagai greyscale  maka dengan teknik offset ini akan didapat hasil yang jauh lebih berkualitas, yakni nampak lebih akurat dan cemerlang secara nyata jika dibandingkan dengan sistem cetak yang lainnya, yaitu seperti jika menggunakan sistem digital printing atau sablon. Pada sistem cetak offset ini pencetakan juga dapat dilakukan dengan tinta Full Block yang akan menghasilkan warna yang tajam serta merata pada hasil cetaknya. Pencetakan dengan menggunakan tinta dengan teknik sistem block ini biasanya digunakan untuk pembuatan desain type negatif.

Dapat Lebih Murah

Biaya atau harga per satuan lembar plastik atau kertas cetaknya bisa lebih murah jika  jumlah yang dicetak hingga ribuan lembar kali volume cetaknya, sehingga makin besar kuantitasnya maka biaya atau harga per lembarnya makin murah.

Kualitas Cetak Yang Lebih Bagus

Cetak offset ini bisa menggunakan jenis tinta yang lebih beragam dan kualitas hasil cetak yang lebih berkualitas lebih tajam dan lebih bertahan lama daripada jika menggunakan teknik atau sistem cetak yang lainnya, seperti sistem cetak digital misalnya atau sistem sablon.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai keunggulan sistem cetak offset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *